MENGATASI CACAR AYAM DENGAN TEPAT

MENGATASI CACAR AYAM DENGAN TEPAT

Mengatasi cacar ayam dengan cara yang tepat, Virus dan penyakit pada ayam memang tidak dapat dipungkiri. Terkadang sebersih apapun kandang yang telah dirawat dengan baik masih tetap dapat menimbulkan virus penyakit. Contohnya adalah cacar ayam. Penyakit cacar merupakan jenis penyakit yang menular akibat sentuhan langsung maupun juga dari udara. Oleh karena itu untuk pencegahan terhadap penyakit, Agen Sabung Ayam Online sudah mempersiapkan beberapa cara untuk pencegahan terhadap penyakit cacar :

  • Jaga area kandang anda agar tidak dimasuki oleh ayam liar yang berada didaerah luar kandang.
  • Usahakan tidak ada genangan air disekitar lingkungan rumah. Karena genangan air dapat menjadi sarang bagi nyamuk yang dapat menyebarkan penyakit kepada keluarga anda, terutama flu burung dan cacar ayam.
  • Jaga selalu kebersihan kandang dan juga perabotan yang ada didalam kandang tersebut. Bersihkan wadah makanan dan wadah minuman setiap harinya. Dan untuk tenggeran tempat ayam bermain dapat dibersihkan minimal 1-2 kali saja dalam satu minggu.
  • Menutup kandang dengan rapat jika sudah malam hari. Karena ditakutkan akan ada nyamuk yang masuk kedalam kandang dan menyebarkan virus yang dibawanya.

Mengatasi Cacar Ayam Dengan Cara Yang Tepat

Tetapi jika ayam sudah terlanjur terserang oleh cacar, berdasarkan artikel sabung ayam dan informasi dari para bobotoh anda dapat melakukan pengobatan sebagai berikut :

  • Pisahkan ayam yang sakit ke kandang yang berbeda, namun jika ayam yang sakit tersebut memang sangat berbahaya ada baiknya jika ayam tersebut dimusnahkan. Lalu bangkai ayam tersebut dibakar untuk mencegah bibit penyakitnya menular kepada ayam lainnya.
  • Bersihkan semua kandang ayam milik anda dengan larutan desinfektan, beli larutan tersebut di apotik terdekat. Atau anda juga dapat menyemprotkan cairan pembersih kedalam kandang agar menekan bakteri yang terdapat didalam kandang.

Untuk ayam sakit dan sudah dipindahkan kandangnya karena ayam tersebut memiliki penyakit yang tidak berbahaya, maka anda dapat melakukan beberapa hal ini untuk proses penyembuhannya :

  • Dengan mengoleskan Kitolot Plus Cream pada bagian yang mengalami luka cacar, setiap pagi dan sore hari sampai ayam sembuh. Gunakan sarung tangan plastik atau karet pada saat mengoleskan cream tersebut, atau jika tidak menggunakan sarung tangan anda harus mencuci tangan anda sebelum dan sesudah mengoleskan cream tersebut. Dengan menggunakan cream tersebut, biasanya proses penyembuhannya membutuhkan waktu 1-2 hari saja jika penyakitnya belum parah. Namun apabila penyakitnya sudah parah, maka anda membutuhkan waktu 3-4 minggu untuk proses penyembuhannya.
  • Atau menggunakan Methylen Blue/Neo Blue, Betadine, antisep, rodalon, dll (bisa pilih salah satu).
  • Oleskan setiap hari pada pagi dan sore hari. Sekitar 3-4 hari cacar/kutil itu akan jatuh sendiri.
  • Menurut pengalaman para senior juga anda dapat menggunakan obat-obatan tradisional seperti : gambir, injet dan jeruk purut. Bahan tersebut dicampurkan dan ditumbuk hingga rata kemudian diberikan pada luka ayam tersebut

Berikan cicak kepada ayam dengan cara melolohkannya. Sebelumnya cicak tersebut ditusuk seperti sate dan dipanggang, jangan terlalu gosong, kemudian lolohkanlah cicak tersebut pada ayam yang terkena penyakit cacar.