CARA AGAR AYAM MEMPUNYAI NYALI YANG BESAR

CARA AGAR AYAM MEMPUNYAI NYALI YANG BESAR

AGAR AYAM MEMPUNYAI NYALI YANG BESAR

Nyali yang tinggi merupakan sebuah syarat mutalak jika anda memiliki seekor ayam aduan. Tidak ada gunanya jika ayam anda memiliki bentuk fisik yang bagus ataupun dari trah juara yang paling bagus sekalipun jika ayam itu tidak memiliki nyali yang tinggi. Ayam yang memiliki nyali akan membuat runtuh ketegaran dan keagresifan dari ayam lawannya karena ayam yang memiliki nyali akan tahan terhadap rasa sakit akibat pukulan lawannya.

Jika ayam anda memiliki nyali yang besar dan dapat membuat rasa percaya diri dari lawannya turun maka itu merupakan sebuah kesempatan yang paling bagus untuk memberikan pukulan kepada lawannnya. Nyali yang tinggi merupakan sebuah modal utama bagi ayam aduan agar dapat memenangkan pertandingan yang diturunkannya. Oleh karena itu bagi anda penghobi ayam aduan, sebaiknya anda melatih nyali ayam anda agar lebih kuat.

Cara yang paling ampuh untuk meningkatnya nyali ayam adalah dengan cara jajal tarung. Dengan sering melakukan jajal tarung maka ayam tersebut akan terbiasa menerima pukulan dari lawannya dan untuk selanjutnya maka ayam tidak akan merasa takut terhadap pukulan itu. Namun jangan sekali-kali anda melakukan jajal tarung pada ayam yang baru anda latih dengan ayam yang sudah andalan dalam arena. Gunakan beberapa step jajal tarung agar ayam yang ingin anda latih dapat menyesuaikan diri.

Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari jajal tarung ini, maka anda harus memilih lawan yang sesuai dengan ayam yang akan anda latih untuk jajal tarung. Ayam yang ingin anda latih agar memiliki nyali yang tinggi harus mendapatkan lawan tanding yang sesuai dengan beberapa kriteria / step jajal tarung seperti yang sudah dirangkum berikut ini :

1. Cari Lawan Tanding Yang Memiliki Pukulan Keras

Untuk meningkatkan keberanian, ayam yang anda ingin latih harus belajar untuk menerima pukulan lawannya yang cukup keras. Mengapa demikian, karena ayam anda akan lebih cepat beradaptasi dengan suasana pertarungan jika menerima pukulan keras. Sebagai catatan penting, pastikan lawan tanding yang memiliki pukulan tersebut masih standar dengan kemampuan bertahan ayam anda. Artinya anda jangan menggunakan lawan tanding yang Overpower (juara sabung ayam). Gunakan lawan tanding yang seimbang dengan ayam yang anda latih.

Latihan ini berguna sekali untuk ayam yang sedang anda latih karena dengan latihan ini ayam anda akan terlatih untuk menerima pukulan lawannya. Hasil dari luka pukul dari lawannya akan membuat kulit ayam anda menjadi terluka dan hasil dari luka itu akan membuat kulit ayam anda menjadi keras dan secara tidak langsung akan membuat ayam anda lebih kuat pada saat menerima pukulan dari lawannya.

2. Tarungkan Ayam Anda Dengan Ayam Yang Agresif

Ayam yang lebih agresif dari ayam yang sedang anda latih akan membuat ayam anda menjadi lebih agresif juga. Jika sebelumnya ayam anda sudah memiliki nyali untuk bertanding, maka tidak ada salahnya jika ayam anda dicoba jajal tarung dengan ayam yang lebih agresif untuk meningkatkan kemampuan bertarung dan nyalinya. Jika mental ayam yang dilatih sudah cukup baik, sebaiknya pilih lawan yang lebih agresif. Tetapi apabila mental ayam anda belum terbentuk secara penuh, maka jangan tandingkan ayam anda dengan ayam yang agresif karena dapat membuat ayam anda lebih turun lagi nyalinya. Jika ayam anda sudah biasa bertanding dengan jenis ayam yang agresif lainnya maka nyali ayam anda sudah dipastikan akan meningkat dan tidak akan menyerah saat melawan ayam yang lebih berat darinya pada saat pertandingan sabung ayam.

3. Gunakan Lawan Tarung Yang Lebih Tua Dari Ayam Anda

Melawan ayam yang lebih tua biasanya menjadi sebuah tantangan sendiri bagi penghobi ayam dan ayam itu sendiri. Karena ayam yang anda latih jika bertanding dengan ayam yang lebih tua dan bisa mengalahkannya maka nyali ayam anda akan dapat meningkat dengan lebih cepat. Jadi tidak ada salahnya jika anda melakukan jajal tarung dengan ayam yang lebih tua dibandingkan dengan ayam yang sedang anda latih.